Apa Itu Physic Engine ?

26 August, 2010 at 15:21 8 comments

Physic Engine (Mesin Fisik) adalah perangkat lunak yang didesain untuk menampilkan/ melakukan simulasi berbagai jenis fenomena objek fisik di alam. Simulasi yang dilakukan dapat memprediksi bermacam-macam kejadian dalam kondisi yang berbeda serta memperkirakan apa yang akan terjadi dalam kehidupan nyata. Engine ini secara rutin menangani perilaku objek-objek misalnya, benda keras, partikel, gelombang, cloth, serta deteksi benturan (collision) dan dinamik.

Prinsip kerjanya, physic engine akan melakukan spesifikasi force (gaya) terhadap objek berdasarkan input user dalam setiap loop. Sehingga, output yang ditimbulkan adalah hasil komputasi dari physic engine.

Secara proses misalnya, physic engine melakukan collision detection kemudian output dari module tersebut diberikan pada komponen kedua, simulation system. Simulation system (sistem integrator) ini digunakan untuk melakukan perhitungan berdasarkan rumus fisika dan hasilnya akan melakukan update property dari objek yang disimulasikan.

Ada bermacam-macam jenis phisic engine yaitu, PhysX of AGEIA (NVIDIA), HAVOC engine dari HAVOC, ODE (Open Dynamics Engine), dll. Yang mana, engine fisik ini tidak hanya berguna untuk penelitian (research), tapi juga untuk berbagai macam aplikasi seperti game (permainan) yang memasukkan unsur gravitasi, akselerasi, pergeseran, dll.

Seorang game programmer (developer) pasti sudah cukup paham dengan apa yang dinamakan dengan physic engine. Karena dengan ini, game yang dibuat akan menjadi menarik dan perilaku serta karakter objek game menjadi lebih nyata dibandingkan tanpa menggunakan physic engine.

Advertisements

Entry filed under: tekno. Tags: , .

KPLI Solo Adakan Release Party openSUSE 11.3 OGRE, Bukan Bukanlah sebuah Game Engine

8 Comments Add your own

  • 1. Hackcenter™  |  27 August, 2010 at 05:34

    Wah saya mau gabung nih. gimana caranya?

    Reply
  • 2. midil  |  2 August, 2011 at 00:36

    masbro boleh minta referensi ny, itu pengertian physicengine dari mana yah .??
    atau pengertian menurut agan sendiri.??
    thnx bro..

    Reply
    • 3. kirman  |  9 August, 2011 at 21:39

      Dari paper/jurnal masbro.
      Selain itu, juga mengutip dari berbagai sumber 🙂

      Reply
  • 4. ius  |  3 September, 2011 at 20:46

    Mas, boleh tahu dimana buat ngedapatin jurnal/ penelitian yg berhubungan dengan game physic?

    Thx…

    Reply
  • 6. Bihum  |  7 January, 2012 at 21:51

    Gan, diantara PhysX of AGEIA (NVIDIA), HAVOC engine dari HAVOC, ODE (Open Dynamics Engine) mana yang support ma OGRE???

    Reply
  • 7. kirman  |  9 January, 2012 at 11:09

    PhysX (NVIDIA) is recomended, gan.
    Kalau mau gabungin PhysX dengan OGRE, ada library-nya bernama NxOgre http://www.ogre3d.org/tikiwiki/NxOgre

    Reply
  • 8. Bihum  |  10 January, 2012 at 11:52

    makasi Gan 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,298 hits

My Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.


%d bloggers like this: