Wah, Ubuntu Ternyata Mudah Bagi Pemula Linux

1 November, 2009 at 13:16 13 comments

Screenshoot

Hari Jumat (30/10) kemarin saya download Ubuntu linux versi terbaru 9.10 yang diberi nama Karmic Koala di kampus Elektro ITS Surabaya. Download berlangsung sukses, meski awalnya saya kurang yakin lantaran pada saat itu trafic download Ubuntu versi terbaru cukup tinggi. Setelah selesai kemudian langsung saya coba di VMware, waduh ternyata tidak bisa jalan sesuai yang saya inginkan šŸ˜¦ . Sempat kecewa dan berfikir juga bahwa apa yang saya download itu tidak berhasil alias korup.

Esok harinya, pasca pulang dari Sempu (sebuah pulau kecil bagian selatan terluar di Malang), malam hari hampir jam 12 malam, saya mencobanya menginstall di notebook. Sambil mengantuk dan sesekali tertidur karena masih capek, akhirnya proses instalasi berhasil, meski awalnya agak pesisimis mengingat di VMware saja tidak bisa melakukan instalasi.

Hari ini, Minggu (1/11), saya coba melanjutkan keingintahuan saya mencoba keunggulan Ubuntu Karmic Koala di kantor, Antara Biro Jatim. Alhamdulillah, semuanya cukup lancar. Kebutuhan pokok yang sering dipakai oleh pengguna notebook, yaitu wireless langsung terdeteksi dengan baik. Dengan demikian saya bisa melanjutkan pencarian plugin-plugin utama lain, yang sering dibutuhkan oleh pengguna komputer, diantaranya plugin MP3 dan Video codec serta flash player browser.

Semua plugin yang dibutuhkan sangat mudah mencarinya. Karena pengguna Ubuntu yang masih baru, saya melakukan pencarian itu melalui System -> Administration -> Software Sources.

Dari menu listbox “Download from” saya memilih other dan download server dari Indonesia, mengingat berada di Indonesia, saya pikir akan bisa cepat jika download dari server Indonesia. Setelah melakukan reload saya masuk ke Synaptic Package Manager dan mencari plugin-plugin yang dibutuhkan dengan mudah. Wah, ternyata Ubuntu semakin user-friendly šŸ™‚ .

Sambil menunggu openSUSE 11.2 yang akan rilis kurang dari dua minggu lagi, tidak ada jeleknya jika saya mencoba keunggulan dan kelebihan Ubuntu 9.10 Karmic Koala yang berani bersaing dengan Windows 7 ini šŸ˜€ .

Entry filed under: Uncategorized.

Linux vs Windows, Siapakah Pemenangnya ? “Mencicipi” openSUSE 11.2

13 Comments Add your own

  • 1. Steven  |  1 November, 2009 at 18:11

    halo bos..
    blh tny gak ttg ubuntu 9.10 ni..
    saya suda ikt langkat2 yang diltulis untuk plug in dan lain2 nya..
    tapi ada masalah pada hal ini, saat saya reload, reloadnya gagal. warningnya mengatakan kalau saya blm terkoneksi dengan internet, pdhal suka terkoneksi dan uda buka firefox.
    apakah da solusiny?

    Reply
    • 2. kirman  |  1 November, 2009 at 19:46

      halo, mas Steven..
      apakah internetnya memakai proxy, mas ?
      seharusnya tidak ada masalah, hanya dengan reload software source, jika tidak memakai settingan proxy dan settingan macem2 diinternetnya. Atau coba dengan server yang lain, bisa jadi server yg mau kita reload down lantaran trafiknya tinggi.

      Reply
  • 3. Ferry  |  2 November, 2009 at 09:21

    Salam kenal mas..

    Maaf mas, saya mau tanya, kalo mau menggunakan telkomselflash di Ubuntu 9.10 gimana ya mas?
    Sewaktu menggunakan Ubuntu 9.04 tinggal colokkan langsung terdeteksi dan tinggal klik langsung jalan, kalau skrg sudah tidak bisa lagi.
    Bisa beri saran mas gimana cara seting-nya

    Terima kasih..

    Reply
    • 4. kirman  |  2 November, 2009 at 14:32

      Salah satu temen di milis KLAS, pak Subarkah Hudan Dinulah, menjawab seperti ini mas:

      gk nyoba pke wvdial mas
      install dulu wvdialnya –> apt-get install wvdial
      trus deteksi modem yang ada –> wvdialconf
      ato edit langsung wvdial.conf
      berikut contoh file yang saya miliki :
      [Dialer telkomsel-flash]
      Init3 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”flash”
      Phone = *99***1#
      Username = ”
      Password = ”

      [Dialer indosat-m2]
      Init3 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”indosatm2″
      Phone = *99#
      Username = ‘usernamem2ku’
      Password = ‘passwordm2ku’

      Semoga sukses, mas šŸ™‚

      Reply
  • 5. noe  |  4 November, 2009 at 12:42

    jadi pengen, habis liat tampilan desktop sampeyan kok bagus..mindah-mindah data dulu ah…

    Reply
  • 6. tooman  |  6 November, 2009 at 08:26

    test post using karmic koala šŸ˜€

    udah jatuh hati sejak nginstal ubuntu pertama kali, Intrepid Ibex šŸ™‚

    salam kenal šŸ™‚

    Reply
    • 7. kirman  |  6 November, 2009 at 08:54

      @mas tooman
      sama-sama mas šŸ™‚

      Reply
  • 8. andif  |  9 November, 2009 at 15:16

    3 hari lagi sob..
    siapkan amunisi untuk download si geeko šŸ˜€

    Reply
  • 10. yuda  |  22 November, 2009 at 23:53

    mas, wi fi ku kok gak bisa ya
    apa perlu pake ndiswrapper

    Reply
    • 11. kirman  |  25 November, 2009 at 08:20

      @mas Yuda
      coba lihat ethernet card-nya tipe apa mas ?
      caranya, gunakan perintah berikut:

       lspci
      

      Lihat bagian ethernet controller-nya tipenya apa, lalu cari solusinya via googling, atau barangkali bisa di posting disini lagi nanti tak bantu mencari.

      Reply
  • 12. ady  |  31 December, 2009 at 11:45

    mas saya baru nginstal ubuntu 9.10 tapi ko ga bisa maenin mp3 ma video, kenapa ya ???

    Reply
  • 13. rian sakti  |  1 January, 2010 at 05:43

    halo mas Kirman yang terhormat..:)
    pengen ikut nimbrung nihkayaknya seru..

    sebelumnya nuwun sewu mas Kirman
    @ADI
    kalo mp3 g bisa install audacious aja tar secara langsung paket2nya akan terinstall
    trus video install smplayer tar semua paket untuk video biasanya langsung terinstall n langsung bisa puter video dengan semua model extensi
    termasuk .3gp yang terkenal itu
    hihiy..

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,036 hits

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


