10 Kali Kopdar openSUSE-ID, Luar Biasa

13 October, 2008 at 00:59 8 comments

Genap sepuluh kali sudah Komunitas openSUSE Indonesia mengadakan Kopi Darat (Kopdar) pada hari Minggu (12 okt 08) kemarin. Bertempat di Perumahan Duren Jaya, Jl. Candi Mendut Raya Blok C No. 328 Bekasi, acara berlangsung cukup interaktif, mulai dari simulasi Remastering openSUSE, pembicaran agenda openSUSE-ID kedepan, dan halal bihalal diakhir acara (secara pribadi 😀 ).

Sebuah prestasi yang cukup membanggakan dan bisa membuat Komunitas lain menjadi iri kalau mengetahui hal ini. Bagaimana tidak, baru berumur sekitar setahun (lebih sedikit) komunitas ini sudah mampu melaksanakan Kopi Darat (alias jumpa fans 😀 ) yang kesepuluh, lebih-lebih sudah melakukan pergantian pengurus periode tahun kedua. Kalau dalam sepakbola, nomor sepuluh identik dengan orang yang jago dilapangan (ga ada hubungannya kalee 😀 ). “Beberapa komunitas menentukan waktu berkumpul saja susah, apalagi mengadakan Kopi Darat”, setidaknya alasan seperti itulah yang saya dapat dari beberapa komunitas lain (yang saya ikuti) ketika tidak jadi-jadi mengadakan Kopi Darat.

Dimulai dengan perkenalan peserta yang datang (seperti biasa), acara dilanjutkan dengan pembahasan agenda komunitas selama beberapa waktu kedepan. Agenda yang diusulkan antara lain adalah melegalkan Komunitas secara kelembagaan, project Remastering openSUSE sesuai selera pembuat, Translate secara masal manual book openSUSE supaya dapat dinikmati oleh pecinta openSUSE dengan bahasa Indonesia dan beberapa usulan lain (yang lupa saya tangkap, he he he 😀 )

Acara berikutnya dilanjutkan dengan Remastering openSUSE yang disimulasikan oleh sang maskot (eh salah, sang master) openSUSE ID, mas Vavai (dibantu anaknya, vavai kecil 😀 ). Yang mana tujuan dari remastering ini adalah untuk membuat openSUSE varian baru sesuai dengan yang kita inginkan, misalnya openSUSE untuk server, untuk desktop seperti OpenOfficeOrg saja dan sejenisnya. Sehingga ketika suatu saat dibutuhkan untuk aplikasi tertentu (desktop atau server) tinggal ambil dari hasil remastering dan install.

Ada sebuah agenda yang akan coba dilakukan oleh Komunitas openSUSE Indonesia yang cukup menarik bagi saya, yaitu sebuah project remastering openSUSE. Akan tetapi kapan dan bagaimana prosesnya belum sempat dibicarakan karena keterbatasan waktu, namun selanjutnya akan dibicarakan didalam milist.

Saat sekalian pamit pulang dari acara Kopi Darat dan berhubung masih bulan syawal dan masih berbau Idul Fitri, saya mengucapkan Minal Aidzin wal Faizin, dan melakukan salaman, mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh peserta yang hadir disana. Dan bagi teman-teman yang belum bisa menghadiri Kopi Darat Komunitas openSUSE Indonesia dimana saja saya ucapkan sama, Mohon Maaf Lahir dan Batin jika selama ini banyak salah. Dengan begitu, “Kita mulai dari angka Nol ya pak !” , he he he… 😀

Advertisements

Entry filed under: News.

Kopdar #10 openSUSE-ID Tata Kota Medan Strategis

8 Comments Add your own

  • 1. lysdaputra  |  13 October, 2008 at 02:08

    Sayang, kemarin enggak bisa ikutan, masih di luar kota mas. Sukses selalu buat openSUSE..

    Reply
  • 2. Fedayen  |  13 October, 2008 at 03:22

    Waduh, sy ketinggalan nih

    Reply
  • 3. taufiqrom  |  13 October, 2008 at 03:29

    keren bozzzzzzzzzzzzzzz,
    tutorialnya jangan lupa dikirim ke open suse daerah

    Reply
  • 4. AndiSugandi™  |  13 October, 2008 at 04:01

    Sayang.. saya kemaren ngedadak gagal berangkat ke kopdar, ada router jurusan yg “sakit” dan harus di-setup ulang. Secara hari ini sudah langsung kuliah.. 😦

    May all is well with us.. 🙂

    Reply
  • 5. majalah.linux  |  13 October, 2008 at 04:11

    keren. contoh yang patut ditiru semangatnya..

    Reply
  • 6. Rini  |  13 October, 2008 at 05:42

    Pada akhirnya harus takluk juga sama yg namanya influenza…..Batal ikutan deh……

    Padahal udah nyiapin tas yg gede…Hix…hix….

    Reply
  • 7. Isminov  |  13 October, 2008 at 07:35

    semula yang terbayangkan adalah rancangan untuk desktop bisa dengan otomatis menjadi server. just plug the hub plug and pray…,

    rupanya tidak bisa yaa?

    Reply
  • 8. Vavai  |  15 October, 2008 at 01:09

    #Isminov,

    Maksudnya mengubah desktop openSUSE menjadi server ? Kalau iya ini yang dimaksud, tidak usah remastering karena bisa langsung apply dari DVD instalasi.

    Atau maksudnya lain lagi, butuh app GUI untuk melakukan remastering ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,298 hits

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d bloggers like this: