Install Tomcat For Linux

26 April, 2008 at 03:22 7 comments

Tomcat server saya akhirnya bisa running di web browser. Bahkan konfigurasi adminnya juga sudah bisa. Awalnya saya tidak bisa menginstall Tomcat di openSUSE Linux. Kemudian saya tanya ke Komunitas openSUSE Indonesia (Lagi lagi lari saya ke situ kalo butuh bantuan), tapi jawabannya sangat minim sehingga kurang bisa saya jadikan rujukan. Selain itu, komputer saya juga bermasalah (baik windows-nya maupun linux-nya) jadilah semua kompak mendukung saya untuk stop dan menghentikan aktivitas saya untuk belajar JEE (Java Entreprise Edition). Aduh, kompak kok dalam hal yang tidak saya harapkan seh 😦 .

Komputer saya akhirnya saya install ulang, karena saya tidak mau berpikir banyak tentang masalah ini. Sekitar satu minggu lebih pasca instalasi itu saya mulai membuka dan belajar lagi untuk install Tomcat for linux. Tanpa konfigurasi macam-macam, tomcat saya sudah bisa running. Berikut adalah apa yang saya lakukan dalam memasang Tomcat server :

1. Pastikan kita telah menginstall java.

2. Download Tomcat versi 6 (saya memakai Tomcat 6)

3. Saya menginstall Tomcat di folder /opt, untuk itu saya pindahkan file apache-tomcat-6.0.16.tar.gz ke folder tersebut.

4. Extract file tersebut maka akan muncul folder /apache-tomcat-6.0.16.

kirman:/opt # tar xvfz apache-tomcat-6.0.16.tar.gz
apache-tomcat-6.0.16/bin/catalina.sh
apache-tomcat-6.0.16/bin/digest.sh
apache-tomcat-6.0.16/bin/setclasspath.sh
apache-tomcat-6.0.16/bin/shutdown.sh
apache-tomcat-6.0.16/bin/startup.sh
apache-tomcat-6.0.16/bin/tool-wrapper.sh
apache-tomcat-6.0.16/bin/version.sh
apache-tomcat-6.0.16/conf/
apache-tomcat-6.0.16/conf/catalina.policy
apache-tomcat-6.0.16/conf/catalina.properties
……………….

5. Masuk ke folder /apache-tomcat-6.0.16/bin dan extract file jsvc.tar.gz

kirman:/opt/apache-tomcat-6.0.16 # cd bin
kirman:/opt/apache-tomcat-6.0.16/bin # tar xvfz jsvc.tar.gz
jsvc-src/
jsvc-src/man/
jsvc-src/native/
jsvc-src/support/
jsvc-src/CHANGES.txt
………………

6. Ubah mode file configure dan eksekusi file tersebut.

kirman:/opt/apache-tomcat-6.0.16/bin/jsvc-src # chmod +x configure
kirman:/opt/apache-tomcat-6.0.16/bin/jsvc-src # ./configure
*** Current host ***
checking build system type… i686-pc-linux-gnu
checking host system type… i686-pc-linux-gnu
…………

7. Start Tomcat

kirman:/opt/apache-tomcat-6.0.16/bin # ./startup.sh
Using CATALINA_BASE: /opt/apache-tomcat-6.0.16
Using CATALINA_HOME: /opt/apache-tomcat-6.0.16
Using CATALINA_TMPDIR: /opt/apache-tomcat-6.0.16/temp
Using JRE_HOME: /usr/lib/jvm/jre

8. Untuk mematikan Tomcat :

kirman:/opt/apache-tomcat-6.0.16/bin # ./shutdown.sh
Using CATALINA_BASE: /opt/apache-tomcat-6.0.16
Using CATALINA_HOME: /opt/apache-tomcat-6.0.16
Using CATALINA_TMPDIR: /opt/apache-tomcat-6.0.16/temp
Using JRE_HOME: /usr/lib/jvm/jre

Untuk mengetahui Tomcat bisa running atau belum, coba buka http://localhost:8080 di browser. Jika muncul gambar kucing Tom alias Tomcat (Bukan kucing garong loh ya 😉 ), berarti install Tomcatnya sudah berhasil. Jika belum bisa melihat Kucing Tom, coba deh lihat kucing tetangga. he he he … 😉 . Artinya intsall Tomcatnya masih ada yang kurang.

Entry filed under: web services.

Skype For Linux Configure Tomcat for Linux

7 Comments Add your own

  • 1. affuam  |  29 April, 2008 at 09:27

    dalam web site tidak lengkap karena pengertian dari macam-macam model linux tidak lengkap seperti contohnya open suse,redhat,mandrake,mandriva,dan debian

    Reply
  • 2. kirman  |  29 April, 2008 at 09:44

    Ups.. iya yah 😉

    Yang jelas saya pake openSUSE 10.3 mas. Karena diawal artikel saya sempat mengatakan seperti ini :

    Awalnya saya tidak bisa menginstall Tomcat di openSUSE Linux. Kemudian saya tanya ke Komunitas openSUSE Indonesia (Lagi lagi lari saya ke situ kalo butuh bantuan), tapi jawabannya sangat minim sehingga kurang bisa saya jadikan rujukan…

    Jadi otomatis saya pake-nya openSUSE 10.3.

    Terimakasih, atas peringatannya mas.

    Reply
  • 3. panya  |  24 October, 2008 at 02:03

    duh keren bro materinya.. ngm2, saya ada kesulitan neh, itu kan tomcatnya menggunakan default JVM sebesar 64mb, bagaimana yah saya untuk menambahkan nya.. saya sudah mencoba dengan berbagai syntax yang ada tapi tetep ga bisa.. biasanya menggunakan CATALINA_OPTS.. tp tetep ga bisa yah.. bisa bantu bro? thank u sebelumnya

    Reply
  • 4. kirman  |  24 October, 2008 at 14:43

    duh keren bro materinya.. ngm2, saya ada kesulitan neh, itu kan tomcatnya menggunakan default JVM sebesar 64mb, bagaimana yah saya untuk menambahkan nya…

    Menambahkan apanya mas panya ?
    Saya memakai tomcat untuk OS 32 bit mas, bukan 64bit

    saya sudah mencoba dengan berbagai syntax yang ada tapi tetep ga bisa.. biasanya menggunakan CATALINA_OPTS.. tp tetep ga bisa yah.. bisa bantu bro?

    Kok ditambahkan syntax mas, buat apaan ?

    Reply
  • 5. Gabrielle  |  3 July, 2009 at 08:13

    Aq sdh ngikuttin lsngkah2 yg sesuai yg mas tulis. Saya menggunakan opensuse 10 & tomcat 6.0.16. Hsl compile-nya jg spt yg tercantum diatas.
    Wkt tak panggil localhost-nya ttp gak mau konek, itu stll shutdown.sh trs ngapain lg sampai akhirnya jalanin localhost-nya?

    Terima kasih

    Reply
  • 6. agung48  |  11 July, 2009 at 10:08

    Om saya izin link ya? buat belajar and nambah blogroll saya
    coz lagi belajar linux lagi kenalan dngan openSUSE ni..

    agung_h
    cla-X city(tetangga)

    Reply
  • 7. plugie  |  16 February, 2013 at 09:38

    Mantap artikelnya. Ada beberapa pertanyaan:

    1. minimum requirement hardware nya berapa ya?
    2. Saya mau install di VPS centos memory 64 mb. apakah bisa ?
    3. ukuran hard disk untuk instalasi jdk & tomcatnya berapa

    Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,036 hits

My Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.


