Configure Tomcat for Linux

26 April, 2008 at 04:09 2 comments

Secara default, tomcat yang kita install belum memiliki username dan password, sehingga kita tidak bisa mengubah dan men-deploy serta mengatur aplikasi web yang telah kita buat. Saya pernah mengalami hal itu, tidak bisa men-deploy web yang saya buat di Eclipse, akhirnya saya mencar-cari, dan ketemu. Horeee, ketemu πŸ˜‰ .

Untuk membuat username administrator dan password agar bisa memanage Tomcat, kita bisa meng-konfigurasi pada file tomcat-users.xml di <TOMCAT-HOME>/conf/tomcat-users.xml. Gunakan vi editor untuk mengubah isinya. Saya pernah menggunakan KWrite editor namun tidak berhasil, yang ada malah error. Tapi jika menggunakan Vi editor, saya yakin berhasil. Saya sudah membuktikannya πŸ™‚ .

Oke, selanjutnya untuk konfigurasi file tomcat-users.xml yang saya gunakan adalah sebagai berikut. Jika anda adalahs eseorang yang jago XML, pasti tahu dong maksud konfigursai file berikut. Namun jika anda bukan orang yang jago XML, ikuti asja deh apa kata saya, he he he. Kalo tidak bisa jalan, yah mungkin belum waktunya kale he he he πŸ˜‰ Berikut adalah konfigurasi yang saya lakukan:

<?xml version=’1.0′ encoding=’utf-8′?>
<tomcat-users>
<role rolename=”manager”/>
<role rolename=”admin”/>
<user username=”admin” password=”admin” roles=”admin,manager”/>
</tomcat-users>

Maksud dari konfigurasi file diatas kurang lebih begini intinya. (Maklumlah, saya kan juga kurang jago xml πŸ˜‰ ):
Nama user = admin
Password = admin
Kemampuan akses = sebagai admin dan manager

Jika kita buka http://localhost:8080 dan kita klik Tomcat Manager, maka kita akan ditanya username dan password. Nah, saat itu masukkan username = “admin” dan password =”admin”, sesuai konfigurasi diatas. Kita bisa merubah dan mengganti username dan password untuk hak akses admin melalui file tomcat-users.xml diatas.

Begitulah konfigurasi dan selanjutnya kita bisa memanage dan memantau web aplikasi yang kita deploy di /webapps . Jika Tomcat Manager anda belum berhasil, jangan salahkan saya loh yah. yang jelas Tomcat manager saya sudah berjalan. he he he … πŸ™‚

Entry filed under: web services.

Install Tomcat For Linux Bill Gates ke Indonesia

2 Comments Add your own

  • 1. arief  |  8 August, 2008 at 03:09

    gimana merubah port 8080 menjadi 80 sementara baik apache maupun tomcat tetap bisa menggunakan port tsb

    Reply
  • 2. kirman  |  22 August, 2008 at 06:43

    Halo, mas Arief.

    Coba masuk ke /conf dan buka file server.xml, Disitu ada konfigurasi port, anda bisa merubahnya sesuai keinginan.

    Regards

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,036 hits

My Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.


