Skype For Linux

23 April, 2008 at 17:01 8 comments

Siang tadi saya berkomunikasi dengan teman lama yang berada di Samsung Cikarang lewat Skype. Sebuah Instant Messenger mirip dengan Yahoo Messenger atau Pidgin messenger yang selama ini saya pakai. Hanya saja bedanya kalau Skype itu kita tidak perlu menggunakan ID Yahoo Messenger atau ID – ID Messenger apapun. Cukup dengan sign up new account, maka kita langsung di approve dan bisa langsung chat dengan orang – orang yang online menggunakan Skype.

Dengan menggunakan Skype kita bisa chating, transfer data/file komunikasi suara konferensi dan hampir semua fasislitas di Yahoo Messenger dimiliki oleh Skype. Cukup dengan mencari account dan location lawan bicara kita, maka kita akan langsung menemukan dan bisa berkomunikasi dengan mereka.

Saat saya menggunakan Skype pertama kali adalah di Windows, karena saya masih belum berani lepas and all out menggunakan linux, jadi sesekali harus menggunakan windows untuk bekerja. Setelah di windows jalan saya mencoba mencari Skype for linux. Dan akhirnya menemukan serta langsung saya install.

Ternyata install Skype di linux semudah menginstall program2 lainnya. Saya memaki openSUSE 10.3 dan menggunakan Skype versi … (wah, berapa versinya yah, nggak tau deh pokoknya bisa jalan gitu aja deh). Cara installnya seperti ini :

1. Download Skype for linux di http://www.skype.com/intl/en/download/skype/linux/choose dan pilih yang openSUSE+. Jika menggunakan distro yang lain silahkan sesuaikan dengan distro masing-masing.

2. Install Skype tersbut. Misal, saya menggunakan Skype file bernama skype-2.0.0.68-suse.i586.rpm, dan awalnya saya simpan di /opt . Namun sebenarnya bisa melakukan instalasi dimana saja.

zymic:/opt # rpm skype-2.0.0.68-suse.i586.rpm
RPM version 4.4.2
Copyright (C) 1998-2002 – Red Hat, Inc.
This program may be freely redistributed under the terms of the GNU GPL

Usage: rpm [-aKfgpWHqV] [-aKfgpWHqVcdilPs] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqV] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqV] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqV] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqVK] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqVK] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqVKi] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqVKiv] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqVKiv] [-aKfgpWHqVcdilPsaKfgpWHqVKiv?] [-a|–all] [-f|–file] [-g|–group]
[-p|–package] [-W|–ftswalk] [–pkgid] [–hdrid] [–fileid]
[–specfile] [–triggeredby] [–whatrequires] [–whatprovides]
[–nomanifest] [-c|–configfiles] [-d|–docfiles] [–dump] [-l|–list]
[-P|–patches] [–queryformat=QUERYFORMAT] [-s|–state] [–nomd5]
[–nofiles] [–nodeps] [–noscript] [–comfollow] [–logical]
[–nochdir] [–nostat] [–physical] [–seedot] [–xdev]
[–whiteout] [–addsign] [-K|–checksig] [–delsign] [–import]
[–resign] [–nodigest] [–nosignature] [–initdb] [–rebuilddb]
[–aid] [–allfiles] [–allmatches] [–badreloc]
[-e|–erase <package>+] [–excludedocs] [–excludepath=<path>]
[–fileconflicts] [–force] [-F|–freshen <packagefile>+] [-h|–hash]
[–ignorearch] [–ignoreos] [–ignoresize] [-i|–install] [–justdb]
[–nodeps] [–nomd5] [–nocontexts] [–noorder] [–nosuggest]
[–noscripts] [–notriggers] [–oldpackage] [–percent]
[–prefix=<dir>] [–relocate=<old>=<new>] [–repackage]
[–replacefiles] [–replacepkgs] [–test]
[-U|–upgrade <packagefile>+] [-D|–define ‘MACRO EXPR’]
[-E|–eval ‘EXPR’] [–macros=<FILE:…>] [–nodigest] [–nosignature]
[–rcfile=<FILE:…>] [-r|–root ROOT] [–querytags] [–showrc]
[–quiet] [-v|–verbose] [–version] [-?|–help] [–usage]
[–scripts] [–setperms] [–setugids] [–conflicts] [–obsoletes]
[–provides] [–requires] [–suggests] [–recommends] [–enhances]
[–supplements] [–basedon] [–info] [–changelog] [–xml]
[–triggers] [–last] [–filesbypkg] [–fileclass] [–filecolor]
[–filecontext] [–fscontext] [–recontext] [–fileprovide]
[–filerequire] [–buildpolicy=<policy>] [–with=<option>]
[–without=<option>]
zymic:/opt #

3. Buka KMenu, dan cari new application untuk Skype. Ups, saya ingat sekarang Skype version yang saya pakai. Tuh, diatas itu kan kelihatan versinya sama RPM versionnya.

Beres sudah deh, akhirnya kita bisa menggunakan Skype seperti Instant Messenger lainnya. Top markotop dah pokoknya 🙂 .

Advertisements

Entry filed under: instant messenger.

TCP/IP Properties di openSUSE Install Tomcat For Linux

8 Comments Add your own

  • 1. Vavai  |  24 April, 2008 at 00:56

    Halo boss,

    Perintah diatas masih salah ah 😀

    zymic:/opt # rpm skype-2.0.0.68-suse.i586.rpm
    RPM version 4.4.2
    Copyright (C) 1998-2002 – Red Hat, Inc.
    This program may be freely redistributed under the terms of the GNU GPL
    Usage: rpm [-aKfgpWHqV] [-aKfgpWHqVcdilPs]

    Mestinya rpm -ivh skype-2.0.0.68-suse.i586.rpm

    Kurang ivh-nya boss. Kalau perintah rpm dijalankan, dia membutuhkan parameter.

    Anyway, thanks buat artikelnya.

    Reply
  • 2. kirman  |  24 April, 2008 at 02:22

    Wah, iya neh mas. Masih kurang yah? Jadi nggak enak sama master-nya openSUSE neh, he he he…

    Tengkyu udah diingatkan mas. Tapi yang jelas Skype saya udah jalan kok 🙂

    Reply
  • 3. sudianto  |  27 May, 2008 at 03:57

    kok gua install skype ke ubuntu ga bisa yakok gu

    Reply
  • 4. sudianto  |  27 May, 2008 at 03:58

    ada yang bisa bantu kasih tau cara install skype ke ubuntu?

    Reply
  • 5. kirman  |  27 May, 2008 at 04:12

    Halo, mas Sudianto.

    Karena pake ubuntu, coba deh download filenya jangan salah.

    http://www.skype.com/intl/en/download/skype/linux/choose

    Pilih paket ubuntu7.04+, itu jika pake ubuntu versi 7.04 atau yg terbaru, setelah itu jalankan perintah
    dpkg -i namapaketinstalasi.deb

    Reply
  • 6. bayu  |  6 February, 2012 at 16:52

    kalo buat CentOS, gmn caranya? tlng ksh ptunjuk kaya tutorialnya dong master…..dr awal apa bisa dipakenya hehehe thanks before

    Reply
    • 7. kirman  |  7 February, 2012 at 10:40

      Download saja Skype untuk Fedora di website-nya Skype mas. Skype untuk Fedora sama dengan Skype for CentOS.

      Cara installnya juga sama dengan di openSUSE, tinggal ketikkan perintah berikut di root :

      rpm -ivh skype-xxx.rpm

      Reply
  • 8. marcel  |  18 May, 2012 at 23:51

    buat ubuntu mag cuma tinggal
    #apt-get update
    setelah selesai update
    #apt-get install skype
    sudah beres dech….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,298 hits

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d bloggers like this: