TCP/IP Properties di openSUSE

22 April, 2008 at 00:42 Leave a comment

Komputer yang saya pakai menggunakan dua Operating System (OS), yaitu Windows dan Linux, openSUSE 10.3. Saya sempat mengalami kendala internet saya tidak nyambung waktu menggunakan linux, akan tetapi jika memakai Windows internet saya langsung tersambung. Kondisi seperti itu sedikit membuat saya heran dan bingung, sebab tanpa internet hidup ini rasanya hambar. Bukan Ambar loh ya, πŸ˜‰ .

Karena sudah saya utak-atik belum ketemu-ketemu, maka akhirnya saya meminta pertolongan di milis komunitas openSUSE Indonesia. Yang saya tanyakan adalah dimana TCP/IP properties network area-nya. Kalu di Windows kan kita bisa setting lewat klik kanan Local Area Network -> Internet TCP/IP -> Properties. Setelah itu kita bisa mengganti DHCP-nya dynamic atau manual.

Saat saya menanyakan hal itu di milist, saya mendapat jawaban untuk mengubah dengan vi editor pada /etc/resolv.conf . Cyma itu saja tidak ada petunjuk lainnya. Lalu itu diapakan? Saya sempat berpikir seperti itu. Maklum lah, namanya juga newbie di linux. (Waduh, dari dulu kok newbie terus, kapan expert-nya πŸ˜‰ ).

Selanjutnya saya tanyakan bagaimana cara settingnya. Ada yang menjawab dengan cara diatas dengan menggunakan vi editor dan ada yang menjawab dengan menggunakan yast. Lalu saya menanyakan bagaimana caranya mengganti melalui yast, yaitu buka yast2 -> Network Devices -> Network Card. Nah, pada tab Hostname/DNS ganti dengan settingan yang kita inginkan.

Kalo di windows, settingan bisa saya ganti melalui preferred DNS dan Alternate DNS, namun kalau di openSUSE Linux itu adalah Name server 1 dan Name srver 2. Misal, settingan di windows untuk preferred DNS : 202.134.0.155 dan Alternate DNS : 202.134.2.5, kalau di windows kedua point diatas diisikan ke Name Server 1 : 202.134.0.155 dan Name Server 2 : 202.134.2.5. Setelah saya samakan dengan settingan di windows, akhirnya bisa juga internet saya. Asyik, internet saya nyambung akhirnya πŸ™‚ .

Entry filed under: network.

nge-Crack tidak sama dengan Membajak Skype For Linux

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,036 hits

My Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.


