Kopdar 5 openSUSE Indonesia

13 April, 2008 at 03:26 3 comments

Kemarin (Sabtu, 12 April) ada pertemuan rutin bulanan Komunitas Pengguna Distro Linux openSUSE Indonesia yang disebut dengan Kopdar alias Kopi Darat. Kopdar yang sudah berlangsung untuk kelima kalinya ini digelar di rumah sang ketua openSUSE Indonesia, mas vavai di Perumahan Duren Jaya Jl. Candi Mendut Raya no. 328 Bekasi.

Saya berangkat dari dengan rute Kampung Melayu – Kali Malang – Perumahan Duren Jaya, seperti yang dikatakan oleh mas vavai dalam milis yang saya tanyakan. Acara dimulai pukul 13.00 menurut jadwal. Karena saya pikir dua jam perjalanan sudah sampai maka saya berangkat pukul sebelas lebih sedikit.

Sampai Kampung Melayu, rute perjalanan masih Aman. Ketika dalam perjalanan Kampun Melayu Kali Malang ada perasaan was was, sebab belum pernah sama sekali ke Kali Malang. Tapi syukurlah saya sampai pada petunjuk pertama yang di berikan mas vavai, Hero kali malang. Tinggal naik K 12 neh ke Perumahan Duren Jaya, dan tak lama lagi saya sampai, he he he.. :). Namun ternyata perkiraan saya meleset. Saya kebablasan sampai lebih dari Perumahan Duren Jaya. Dengan cukup lelah saya berjalan balik, karena menurut warga sekitar hanya dengan jalan kaki sudah sampai. Wah, tidak kuat neh kalau kondisi seperti ini, sudah panas pakai jaket, jalan sendiri lagi. Akhirnya saya putuskan untuk naik Ojek, ah lumayan daripada jalan kaki.

Setengah dua lebih saya tiba di tempat acara, syukurlah acara belum dimulai. Langsung saya masuk dan minta ijin kepada tuan rumah untuk sholat dhuhur. Pada waktu saya sholat duhur itulah acara segera dimulai. Diawali dengan perkenalan sluruh peserta yang hadir termasuk saya sendiri, kemudian dilanjutkan dengan topik utama.

Topik pertama adalah membahas untuk pertemuan selanjutnya, Kopdar 6. Menurut rencana Kopdar berikutnya akan diadakan di kantor detikcom, wah asyik neh masuk kantor situs berita era digital yang siapa pun sudah mengenalnya 🙂 . Akan tetapi masih belum ditentukan apa saja yang akan dibahas.

Memasuki topik berikutnya sang master openSUSE, vavai menjelaskan materi bagaimana cara membuat iFolder. Ha, iFolder? Apaan tuh, pikir saya awalnya. Namun setelah jadi, baru lah saya tahu kalau iFolder merupakan folder atau direktori di dalam hardisk yang bisa diakses melalui remote. Syaratnya, kita harus memasang web server dahulu untuk bisa membuat iFolder.

Topik selanjutnya adalah membuat zimbra, apa juga seh zimbra itu? Wah, kalau ini seh buat para advance kali ye. maklum lah saya masih baru di dunia linux. Kalau tidak salah seh zimbra itu merupakan sebuah mail server yang bisa kita buat untuk mengirim dan menerima email melalui komputer kita dengan web domain yang kita miliki. Wah, sepertinya asyik tuh, dengan punya web sendiri kita bisa membuat account mail yang bisa mengirim dan menerima dunks :).

Acara berhenti sejenak pukul setengah empat lebih untuk menunaikan kewajiban, yaitu makan 🙂 dan tentu saja sholat Ashar. Kemudian dilanjutkan demo sang master tentang kehebatan zimbra. Mantab sekali ilmu yang didemokan mas vavai, saking mantabnya apa yang disampaikan mas vavai sampai sampai saya tidak bisa terima imu tersebut ;( .

Materi terakhir yang selesai sekitar pukul lima itu dilanjutkan dengan foto-foto people of openSUSE Indonesia, hi hi 😉 (saya mengatakan demikian karena memang mereka adalah member dan aktivis openSUSE, he he he… ). Wah, hampir lupa neh, acara terakhir yang tidak kalah serunya adalah acara “Sedot hardisk” kata mas Boni. Sebab, semua file dan data terkait zimbra, linux dan apa saja yang dimiliki mas vavai di komputernya di copy dan sedot oleh peserta. Ehmm… ini neh kehebatan open source, bisa di copy and paste tanpa hak cipta dan lisensi yang harus membayar mahal 🙂 .

Bravo openSUSE Indonesia
Bravo open Source Indonesia

Entry filed under: News.

Java dengan Eclipse IDE di OpenSUSE nge-Crack tidak sama dengan Membajak

3 Comments Add your own

  • 1. saleh  |  14 April, 2008 at 04:32

    salam kenal mas kirman, sayang kemarin saya dateng terlambat, jadi tidak bisa mengikuti acara dati pertama, salut juga untuk mas vavai… kebetulan dirumah lagi coba installasi zimbra di opensuse 10.3 (saya yang kemarin memfoto reken-rekan)

    Reply
  • 2. kirman  |  14 April, 2008 at 04:38

    Wah, hebat dunks. Langsung praktek ilmu yang mas Vavai demo-kan yah? Salut dan salam kenal juga deh buat mas Saleh.

    Oh, iya mas saleh. Saya bisa minta foto-foto acara kemarin? Yah, itung-itung buat dokumentasi saya juga 🙂

    Reply
  • 3. Vavai  |  24 April, 2008 at 00:56

    Iya nih, fotonya bisa dishare dunk.. Lagi tunggu foto juga 😀

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,036 hits

My Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.


