Java dengan Eclipse IDE di OpenSUSE

21 March, 2008 at 03:53 3 comments

Pengalaman saya ketika belajar java dengan command prompt di windows, semuanya terlihat mudah. Mulai dari menulis script di notepad, mengkompile pakai java compiler hingga melihat hasilnya di command prompt. Lantas, bagaimana jika kita ingin melakukan hal tersebut dengan IDE (Integrated Development Environtment) Eclipse? Atau bisa disebut bermigrasi lah istilahnya, dari utak-atik di notepad dan complie di command prompt ke IDE Eclipse.

Dengan adanya IDE kita berharap bahwa program yang kita buat semakin mudah dan semakin produktif. Namun bagaimana jika IDE tersebut masih asing dan baru saja kita mengenalnya? Tentu hal ini tidak akan semakin mempercepat namun malah akan semakin memperlambat produktivitas kita. Sebab kita harus mempelajari tool dan mungkin dengan membaca help content-nya satu persatu.

Dulu waktu pertama kali mengenal Eclipse, saya benar-benar dipusingkan bagaimana sih caranya memulai menulis program untuk memperoleh result seperti di command prompt windows waktu pertama kali belajar java?

Banyak sudah artikel yang saya baca dari internet (sengaja saya tidak membeli buku, karena saya pikir diinternet banyak, dan saya tidak ingin keluar duit banyak, he he he..), namun disana tidak menjelaskan secara praktis. Semua yang dijelaskan rata-rata adalah tool-tool dan kelebihan-kelebihannya yang membuat saya semakin tidak tahu.

Memang ada sih artikel bagus dari help content bawaan Eclipse (tutorial dan sample), hanya saja bagi seorang pemula yang ingin belajar java dari awal (seperti saya misalnya), tentu akan memusingkan. Sebab java saja belum mengenal, apalagi dengan bantuan IDE.

Ah, tentu cerita buruk itu tidak akan menimpa pembaca sekalian jika pembaca memperhatikan pengalaman saya ini. Berikut cara memulai membuat program java dengan IDE Eclipse di atas platform OpenSUSE 10.3 linux. Namun jangan khawatir jika anda menggunakan windows, karena baik di linux maupun di windows Eclipse bisa running well.

1. Install Eclipse.
2. Buka folder /opt/eclipse dan klik gambar roda gerigi, maka akan muncul loading proccess.
3. Pilih workspace untuk menyimpan seluruh project yang akan kita buat.

Workspace

4. Jika baru pertama kali kita membuka Eclipse, maka kita akan melihat welcome page Eclipse. Disitu ada tutorial, sample, overview, what’s new, workbench. Jika pembaca ingin melihat satu persatu bisa, namun jika tidak sabar ingin segera melakukan coding java bisa langsung klik workbench.

5. Buat file project baru. File > New > Java Project > (beri nama sesuai keinginan kita).
6. Buat class baru di project folder kita yang baru dengan klik kanan > New > class > berikan paket (optional), dan nama kelas.

New Class

7. Mulai memrogram java seperti di command prompt windows.
8. Running program, klik kanan kelas java > Run As > Java Application
9. Kita akan melihat hasilnya seperti di command prompt windows sperti gambar berikut:

Result

Entry filed under: java.

Java Installation Guide on OpenSUSE Linux Kopdar 5 openSUSE Indonesia

3 Comments Add your own

  • 1. aconk  |  17 September, 2008 at 16:18

    enakan NETBEANS rek

    Reply
  • 2. ekozul  |  10 June, 2010 at 11:31

    klo saya sih pake netbeans.. hehe
    salam kenal..

    Reply
  • 3. ady  |  18 November, 2012 at 18:48

    saya masih pemula, saya pake windows 7,
    saya pake IDE eclipse juno,
    di program komputer saya ada aplikasi Java (TM) 6 update 17(sudah ada sejak saya beli laptopnya).
    di folder C:\Program Files\Java\jre6 saya juga temukan folder jre6.
    yang saya tanyakan apakah aplikasi Java (TM) 6 update 17 sudah merupakan JDK sehingga saya tidak perlu menginstal JDK yang lain lagi?
    saya juga masih bingung setting path JDK nya.mohon bantuanya

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,298 hits

My Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.


