Install xampp di OpenSUSE linux

15 March, 2008 at 10:34 8 comments

Ternyata install Xampp di linux (OpenSUSE) cukup mudah. Beberapa hari kemarin saya sudah berhasil install LAMPP atau Xampp for linux. Hanya saja saya merasakan ada sedikit perbedaan dengan Xampp yang di windows. Hal ini saya rasakan ketika saya ingin menginstall joomla di localhost linux tersebut masih ada suatu rekomendasi dari pre-instalasi joomla yang tidak bisa terpenuhi. Diantaranya adalah konfigurasinya tidak “writable” dan global function-nya juga ada masalah. namun ketika dilanjutkan menginstall pun tetap bisa, namun masih kurang memuaskan.

Berikut cara menginstall Xampp di OpenSUSE. Saat saya menginstall Xampp ini saya menggunakan Operating System OpenSUSE 10.3:.
1. Download xampp for linux.
2. Login ke root, dan copy xampp hasil download tersebut ke root folder /opt.
3. Extract xampp tersebut di folder /opt. (Saya meng-extract file tersebut secara manual karena ketika saya memakai perintah # tar xvfz xampp-linux-1.66.tar.gz -C /opt, dia mengatakan kalau file-nya tidak ada. hi hi, kenapa yah, saya juga heran kenapa tidak bisa, maklum lah newbie. Ah, bodoh ah. Yang penting pakai manual juga bisa, he he he…)
4. Jalankan xampp
# /opt/lampp/lampp start
     Starting XAMPP for Linux 1.6.6…
XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)…
XAMPP: Starting MySQL…
XAMPP: Starting ProFTPD…
XAMPP for Linux started.

5. Untuk mengetahui hasil installasi, coba buka browser dan ketikkan localhost. Jika muncul xampp for linux, berarti instalasi berjalan lancar.

Dulu saya pernah menggunakan Mandriva linux, tapi belum berhasil install xampp. Sekarang sudah berhasil memakai openSUSE. Ada pengetahuan baru yang saya peroleh dari komunitas openSUSE Indonesia tentang instalasi xampp. Yaitu tentang xampp ini sendiri, ketika komputer di restart, maka kita harus menjalankan xampp tadi secara manual dengan perintah seperti diatas : # /opt/lampp/lampp start. Nah, pengetahuan ini lah yang saya peroleh, yaitu tentang cara menghidupkan xampp diopensuse secara otomatis ketika komputer di restart. Berikut caranya:

1. Masuk ke root konsole dan ketikkan perintah
# cd /etc/init.d/rc5.d (jika memakai runlevel3, ganti rc5 dengan rc3)
2. Tambahkan service lampp
 # ln -s /opt/lampp/lampp /etc/init.d/lampp
3. Jadikan service lampp tersebut enable, YAST > SYSTEM > SYSTEM SERVICES (RUNLEVEL), cari service lampp.

Entry filed under: web services.

INDONESIA ICT AWARD 2008 Set Password Xampp di Linux

8 Comments Add your own

  • 1. joko  |  12 September, 2008 at 03:19

    thanks, membantu sekali

    Reply
  • 2. Gabrielle  |  7 April, 2009 at 15:41

    Salam kenal……..

    Terima kasih bgt atas instruksinya yang sangat berguna bgt. Saya jd bs ngintall program lampp-nya.

    Tapi saya menemui kendala, yaitu pada saat menjalankan/memanggil file.php. Saat saya ketikin localhost, sdh muncul tampilan xampp-nya, tapi waktu saya ketika “http://localhost/~gabrielle/PhpProject1/index.php”,file index.php-nya tdk mau tampil di web browser-nya.

    Mohon bantuannya….. karena saya msh sgt awan dengan linux makanya saya tdk tau dimana letak salahnya.

    Terima kasih

    Reply
  • 3. kirman  |  8 April, 2009 at 08:40

    Saat saya ketikin localhost, sdh muncul tampilan xampp-nya, tapi waktu saya ketika “http://localhost/~gabrielle/PhpProject1/index.php”,file index.php-nya tdk mau tampil di web browser-nya.

    Semua File project-nya disimpan di folder htdocs mas

    Reply
  • 4. Gabrielle  |  14 April, 2009 at 11:02

    La kalo di linux htdocs-nya kan letaknya folder opt (bukannya folder itu gak bisa dimasukin file ?????) Mohon bantuannya lebih mendetail coz aq msh newbie soal linux 🙂

    Reply
  • 5. kirman  |  14 April, 2009 at 11:14

    coba permissionnya diubah dulu menjadi read-write mas!

    chmod 777 htdocs

    Reply
  • 6. amrinz  |  15 April, 2009 at 08:37

    @gabrielle
    folder /opt itu untuk apa saja yang gak ikut standar filesystem linux hierarchy (FHS), jadi program yang gak ikut fhs, diinstallnya di sini.

    Kalau mau ~gabrielle diakses, harus lihat konfigurasi user dirnya, apakah sudah aktif apa tidak? apakah ijin eksekusi skrip sudah diset apa tidak? (lihat file konfigurasi apachenya.

    Ada tutorial yang lebih enak pakai lampp : Panduan instalasi dan setting lampp

    Reply
  • 7. Ardi  |  14 April, 2010 at 14:25

    Maaf mas, aq newbie banget nih, lagi mo install xampp di opensuse, tapi kaga’ bisa, gimana ya, untuk rubah permissionnya menjadi
    chmod 777 htdocs

    gimana caranya, bantuin doong

    Makasih sebelumnya

    Reply
    • 8. kirman  |  15 April, 2010 at 00:17

      gunakan konsole dengan privilege use root, lalu masuk ke direktory htdocs folder Lampp. Setelah itu ketikkan perintah seperti diatas “chmod 777 htdocs”

      Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Blog Stats

  • 50,298 hits

My Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.


